Stop Pembajakan !!!!

Diposting oleh RJN Amlapura | Label: | Posted On Minggu, November 07, 2010 at 7:48:00 PM

Pembajakan merupakan momok bagi semua kalangan yang berkecimpung langsung dalam perkembangan musik Bali. Berbagai cara telah dilakukan untuk menangkal penyakit ini. Namun sampai saat ini tak satupun membuahkan hasil.

Gebrakan pihak kepolisian untuk memberantas segala bentuk pembajakan ini ternyata tidak efektif untuk membuat efek jera bagi para pembajak. Ada apa ini ?

Dek Jun Bintang adalah salah satu artis Bali yang saat ini sangat getol untuk melakukan pemberantasan pembajakan ini. Bahkan dalam tulisannya dalam majalah Intro Bali, Dek Jun sampai menyatakan bahwa pembajakan merupakan musuh abadi para musisi. Sungguh suatu pernyataan yang terasa sangat dalam tentang kenyataan pembajakan yang begitu marak di tanah air kita, bahkan di Bali khususnya.

Dari analisa perkembangan musik yang ada di Indonesia, perkembangan musik berbahasa daerah di Indonesia di dominasi oleh lagu Bali. Perkembangan yang sangat tinggi dalam blantika musik Bali membuat para pembajak membidik Bali sebagai sasaran utama. Hingga akhirnya pembajakan lagu Bali mencapai angka nomor 2 setelah pembajakan lagu berbahasa Indonesia! Luar Biasa!

Merunut dari semua kasus yang pernah terjadi dan menganalisa dari keberadaan pembajak yang telah tertangkap tangan, memang sangatlah sulit untuk memberantas pembajakan ini, karena sudah menjadi lingkaran setan yang tidak mungkin untuk memutus dari satu sisi saja. Peran pembajak sangatlah mungkin untuk di pidana, namun masyarakat pengguna / pembeli produksi bajakan apakah mungkin untuk di pidana? Lalu siapa yang harus disalahkan dengan keadaan ini? Polisi, Pembajak, musisi atau masyarakat?

Beranjak dari semua ini, mungkin sangatlah arif jika kita dapat bersama-sama bergandeng tangan antara musisi, produser, polisi dan masyarakat untuk bersama-sama memberantas momok ini. Karena jika tidak, sangatlah mungkin lagu Bali akhirnya akan mengalami degradasi secara general karena musisi, artis, pencipta lagu dan produser menghentikan segala bentuk produksi mereka daripada harus berproduksi yang berujung pada kerugian semata.

Mari kita sikapi bersama-sama ...

Comments:

There are 1 komentar for Stop Pembajakan !!!!

Posting Komentar

Untuk download file silakan login atau daftar member terlebih dahulu di 4shared.com dengan akun Fb, Google dll. bagi yang mau repot buat akun di 4shared.com. ikuti cara di bawah ini :
  • 1. klik kanan di lagu yang ingin anda download
  • 2. pilih "copy link location"
  • 3. lalu klik ini 4server
  • 4. lalu klik kanan "paste" di kolom yg tersedia disana
  • 5. terakhir klik "generate link"